Minggu, 27 November 2011

INSTAL WINDOWS 7


Halo sabat Matasanepa .................

Jumpa kembali di rublik TIK ... untuk kali ini kita kan membahas bagaimana cara menginstal windows 7 ke komputer kita , masih ingatkan meeri sistem operasi yang diajarkan di kelas 7 ... nah untuk kali ini akan mengulas secara isngkat bagaimana kita memasukkan program utama komputer pada komputer kita...

PERSIAPAN AWAL
·                              Siapkan DVD installer Windows 7
·                              Buatlah sebuah partisi baru yang berbeda (berdiri sendiri) dari partisi yang lain, dengan minimal sebesar 16 GB dalam harddisk anda. (apabila tidak ada partisi yang kosong, bisa diubah/edit partisi dengan memakai Software Partition Magic, Partition Editor, dll.)

INSTALASI
·                              Setting ‘First Boot‘ diarahkan ke CD/DVD-ROM pada menu Advance di BIOS kemudian di-Save dengan menekan tombol ‘F10‘. (bagi yang belum tau, untuk masuk dalam menu BIOS tekan tombol ‘DEL’ atau ‘F2′ saat pertama kali menghidupkan komputer)
·                              Masukkan DVD installer Windows 7 dan tekan sembarang tombol apabila muncul tulisan “Press any key to Boot from CD/DVD…“
·                              Hati-hati saat proses installasi berjalan, dan muncul pertanyaan “Which type of instalation do you want?” dengan dua pilihan installasi yaitu UPGRADE dan CUSTOM (ADVANCED).
·                              Pilih Custom (Advanced) dan kemudian pilih Partisi baru yang telah kita buat sebelumnya, dan tekan NEXT. Perhatian : Kalau anda memilih Upgrade, maka Windows XP (Partisi C akan tertindih dan digantikan oleh Windows 7.
·                              Installer akan memulai tahap awal dengan 3 pertanyaan, yaitu : Language to Install, Time and Currency Format, Keyboard or input method. Yang perlu diubah hanya Time and Currency Format menjadi “Bangkok, Hanoi, Jakarta (GMT +7)” dan kemudian tekan NEXT.
·                              Untuk Product Key, silahkan masukkan salah satu Key Code dibawah ini :
ü 6JKV2-QPB8H-RQ893-FW7TM-PBJ73
ü TQ32R-WFBDM-GFHD2-QGVMH-3P9GC
ü GG4MQ-MGK72-HVXFW-KHCRF-KW6KY
ü 4HJRK-X6Q28-HWRFY-WDYHJ-K8HDH
ü QXV7B-K78W2-QGPR6-9FWH9-KGMM7
·                              Tunggu sampai proses selesai dan komputer akan melakukan Restart otomatis.
·                              Setelah restart, jangan tekan tombol apapun dan tunggu sampai tampilnya BOOT MANAGER dengan dua Pilihan :
o Earlier Version of Windows (pilihan untuk windows XP) Windows 7
·                              Dan pilih Windows 7 untuk melanjutkan proses Installasi.
·                              Begitu System masuk ke Windows 7, akan muncul Start Up dan Proses installasi tahap akhir akan berlangsung.
·                              Tunggulah beberapa menit dan Selesai. Windows 7 siap untuk dioperasikan.

Catatan
·                              Tidak perlu lagi menginstall Driver untuk Peripheral Motherboard pada sebagian besar Mainboard yang ber-chipset Intel, karena sudah didukung oleh Windows 7.
·                              Versi Browser (IE) sudah memakai Internet Explorer 8.
·                              Versi Pemutar Multimedia (WMP) sudah memakai Windows Media Player 12.
·                              Theme baru Windows 7 yang atraktif dengan fitur wallpaper desktop yang bisa berganti-ganti secara otomatis, jadi tidak perlu lagi menginstall aplikasi pihak ketiga untuk fitur ini. (contoh: Desktop Wallpaper Swither, WebShoot Desktop, Wallpaper Changer, dll.)
·                              Fitur UAC (User Account Control) yang lebih pintar dari Windows Vista yang UAC-nya kalau saya bilang sih terlalu “cupu”.
·                              Tampilan Aplikasi WORDPAD dan PAINT yang baru dan lebih atraktif didalam menu Accessories, dengan basic tampilan mirip MS Office 2007 .
  • Penggunaan fitur Windows AERO (tekan tombol Windows logo + Tab pada keyboard) yang lebih lancar ‘dimainkan’ dalam hal spesifikasi hardware komputer saya yang minimum required.

·                              Proses Booting saat start-up ke Windows 7 yang lumayan cepat apabila dibandingkan dengan Windows Vista.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan komentar dengan tujuan membangun