Dalam Perkembangan nya Teknologi informatika sangat lah pesat dan selalu inovasi, maka dari itu dalam dunia pendidikan kita di tuntut untuk selalu mengembangkan dunia pendidikan sesuai kebutuhan jaman, informatika merupakan mapel penting dalam perkembangan jaman, karena tanpa keberadaan tek nologi di dunia pendidikan kita tidak akan bisa berkembang
Berdasarkan Capaian
Pembelajaran Fase D dan Capaian Pembelajaran per Elemen, guru
secara merdeka dan leluasa dapat merancang alur capaian
dan alur materi
untuk mencapai kemajuan
secara kontinu dan berkelanjutan, mulai dari kelas VII s.d. kelas IX. Buku Panduan Guru Kelas IX ini merupakan kesatuan dengan Buku Siswa Kelas IX, serta kelanjutan dari Buku Informatika kelas VII dan kelas VIII. Oleh karena itu, guru kelas IX sangat disarankan untuk membaca juga
Buku Informatika kelas VII dan kelas VIII untuk memahami
peningkatan kompleksitas dari materi yang diajarkan.
Dalam buku kelas IX ini disajikan sebuah alternatif rancangan pencapaian dalam bentuk tujuan pembelajaran
dan susunan materi untuk kelas IX, yang dirancang untuk peserta didik yang
mengikuti proses pembelajaran yang juga menggunakan buku Informatika kelas VII
dan kelas
VIII. Mengacu ke implementasi kurikulum Informatika yang menjadi wajib mulai tahun 2020, Jika peserta didik belum
menguasai tujuan pembelajaran sesuai dengan yang
dirancang pada buku Informatika kelas VII dan kelas VIII tersebut,
perlu dilakukan peninjauan alur pembelajaran. Hal ini penting untuk diperhatikan agar secara keseluruhan, peserta didik mampu
memenuhi Capaian Pembelajaran Fase D setelah menyelesaikan kelas IX.
Capaian pembelajaran di kelas IX juga mempersiapkan peserta didik untuk
memulai pembelajaran Informatika kelas X. Secara khusus, bab Algoritma dan
Pemrograman dapat dipakai sebagai bahan matrikulasi bagi pembelajaran Algoritma
dan Pemrograman Kelas X, bagi peserta didik yang belum pernah mendapatkan
pembelajaran Informatika untuk mencapai Fase D. Tabel 1.2 berikut ini berisi tujuan pembelajaran kelas IX
untuk setiap elemen.
Berikut kami sampaikan Modul pembelajaran Informatika :
- Alur Pembelajaran
- Capaian Pembelajaran Informatika
- Kreteria Ketuntasan
- Modul
- pragram semester
- program tahunan
- rincian pekan efektif
- Tujuan Pembelajaran
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP)
FASE D
(KELAS IX)
Satuan Pendidikan : MTSN 5 Magetan
Mata Pelajaran :
Informatika
Kelas :
IX
Tahun Pelajaran :
2025/2026
A. Aktivitas Pembelajaran Informatika
Proses pembelajaran dijalankan
secara student-centered learning dengan prinsip inquiry-based learning, problem based learning, dan project based learning. Tema dan kasus yang dipilih dapat disesuaikan oleh guru dengan kondisi lokal,
terutama untuk analisis data. Informatika dijalankan secara inklusif bagi semua
peserta didik Indonesia sehingga
mengombinasikan pendekatan plugged maupun unplugged (tanpa komputer).
B.
Alur Tujuan Pembelajaran dan Urutan Kegiatan
Alur Tujuan
pembelajaran adalah urutan yang menunjukkan kemajuan proses pembelajaran,
berdasarkan penjabaran Capaian Pembelajaran. Urutan kegiatan sepanjang tahun
adalah salah satu path:
Alur Tujuan Pembelajaran yang dipilih dan ditentukan oleh guru, untuk mencapai
keseluruhan Capaian Pembelajaran yang sudah diuraikan di atas, dengan mempelajari tabel materi dan
aktivitas yang disajikan pada Buku Siswa. Urutan aktivitas pembelajaran pada kelas IX dapat dilihat pada Gambar
a.
Sebetulnya,
elemen-elemen pembelajaran dalam Informatika dapat disampaikan tidak sama
persis dengan urutan pada Buku Siswa. Melalui asesmen diagnostik sebelum
menentukan urutan aktivitas ini, guru
dapat menilai kemampuan peserta didik untuk menentukan urutan aktivitas
pembelajaran. Sesuaikan urutan aktivitas yang akan diajarkan dengan kesediaan
perangkat dan kemampuan peserta didik
dengan melakukan penyesuaian bab yang
akan dijadikan bahan ajar di kelas. Guru diberikan kewenangan untuk menentukan
sendiri urutan bab yang akan diajarkan, membuat variasi dan menyesuaikan alat serta bahan
sesuai konteks lokal.
Lengkap Nya klik di bawah ini
mohon maaf apabila ada kesalahan atau berbeda dengan yang lain
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
silahkan komentar dengan tujuan membangun