Rabu, 14 Februari 2024

EVALUASI ANALISA DATA

EVALUASI INFORMATIKA 

KELAS 7 SMT 2 

TAHUN 2023/2024

BAB 1 ANALISA DATA 


Mengenal Data

Salah satu fungsi komputer adalah sebagai pengolah data. Data yang diolah akan dijadikan sebagai suatu informasi yang diperlukan manusia. Terdapat beberapa macam jenis/bentuk data, di antaranya data teks, gambar, angka, audio, dan sebagainya.

1. Pengertian data

Data berasal dari kata dalam bahasa Latin daturn yang artinya adalah fakta, keterangan yang benar dan nyata yang dapat dikumpulkan dan dapat dijadikan dasar kajian (analisis atau kesimpulan). Dalam bidang informatika, data disimpan dalam bentuk yang dapat diproses oleh komputer, seperti representasi digital dari teks, angka, gambar, grafis, suara (audio), alau video. Data dapat bersifat kualitatif yang berarti menggambarkan sesuatu atau kuantitatif yang berupa informasi numerik (angka).

Data dapat direkam atau di-input, disimpan, dan ditampilkan. Banyak peralatan sehari-hari yang dapat digunakan untuk mengumpulkan data, misalnya sebuah alat potret mengumpulkan foto dalam kameranya. Ada juga objek atau peralatan yang mengumpulkan data terus- menerus, misalnya CCTV yang dapat digunakan untuk merekam kejadian sehari-hari yang kemudian disimpan dalam memori sebagai data. Data juga dapat disimpan dengan menggunakan perangkat lunak, misalnya data pada lembar kerja.

Data yang disimpan dapat ditampilkan dalam sajian (visualisasi) tertentu. Sajian data dapat ditampilkan dalam bentuk yang lain, misalnya data berupa tabel angka dapat disajikan dalam bentuk grafik. Hasil sajian akan mempermudah untuk melakukan analisis dan interpretasi sehingga menjadi informasi yang berguna.

Jenis-jenis data

2. a. Berdasarkan sumbernya, data dibedakan menjadi data primer dan data sekunder.

1) Data primer, merupakan data yang diperoleh secara langsung dari sumber data. Data primer disebut juga sebagai data asli atau data baru yang memiliki sifat up to date. Teknik yang dapat digunakan untuk mengumpulkan data primer, antara lain observasi, wawancara, diskusi terfokus, dan penyebaran kuesioner.

2) Data sekunder, merupakan data yang diperoleh dari berbagai sumber yang telah ada. Data sekunder dapat diperoleh dari berbagai sumber, seperti Biro Pusat Statistik, buku, laporan, jurnal, dan lain-lain.

b. Berdasarkan sifatnya, data dibedakan menjadi data kualitatif dan kuantitatif.

1) Data kualitatif, merupakan data yang berbentuk kata-kata, bukan berbentuk angka. Bentuk lain data kualitatif adalah gambar yang diperoleh melalui pemotretan atau rekaman video. 2) Data kuantitatif, merupakan data yang berbentuk angka atau bilangan. Data kuantitatif

dapat diolalt atau dianalisis menggunakan teknik perhitungan matematika atau statistika. 3. Satuan ukuran data

Ketika Anda membeli komputer atau media penyimpanan data seperti flash drive, harddisk, CD, dan lainnya, terdapat kapasitas memori yang bervariasi. Kapasitas memori tersebut tentunya digunakan untuk menyimpan berbagai macam data. Data yang disimpan dalam komputer mempunyai satuan byte, kilobyte, megabyte, gigabyte, terabyte, dan petabyte.

Unit

  • 1 kilobyte (KB)
  • 1 megabyte (MB)
  • 1 gigabyte (GB)
  • 1 terabyte (TB)
  • 1 petabyte (PB)

Ekuivalensi

  • 1.024 bytes
  • 1.048.576 bytes
  • 1.073.741.824 bytes
  • 1.099.511.627.776 bytes
  • 1.125.899.906.842.624 bytes

4. Analisis data

Secara sederhana, analisis data adalah proses pengumpulan dan pengorganisasian data untuk menarik kesimpulan yang berguna dari data tersebut. Proses analisis data menggunakan penalaran yang runtut, masuk akal, dan logis. 

Tujuan utama analisis data ialah untuk menginterpretasi, yaitu menemukan makna dalam data sehingga pengetahuan yang diperoleh dapat digunakan untuk mengambil keputusan yang tepat. Proses analisis data mencakup mencari pola, kesamaan, perbedaan, kecenderungan (tren), atau hubungart lainnya, serta memikirkan tentang makna dari pola-pola yang ada.

Data banyak digunakan untuk menyoroti atau mengusulkan hubungan sebab-akibat dar memprediksi hasil. Menyimpulkan/memprediksi berdasarkan data tidak selalu menghasilka sesuatu yang akurat. Untuk mendapatkan kesimpulan yang akurat, data harus relevan da jumlahnya mencukupi. Contohnya, menggunakan data warna mata untuk menyimpulkan usi seseorang tidak relevan karena warna mata tidak ada hubungannya dengan usia seseorang Contoh dari kuantitas data yang tidak mencukupi ialah memprediksi hasil pemilu Indonesi yang penduduknya lebih dari 260 juta dengan memilih beberapa orang saja.

5 . Interpretasi data

Secara definisi, interpretasi data merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menggabungka hasil dari analisis yang dibuat dengan bentuk kriteria, pertanyaan, ataupun standar khusus Hal ini berguna agar data yang sudah digunakan dapat tersampaikan dengan baik, sehingg permasalahan-permasalahan di dalam sebuah penelitian mampu terjawab dengan baik Terdapat tiga tujuan dilakukannya interpretasi data dalam sebuah penelitian, yaitu:

a. Deskripsi data, interpretasi bertujuan untuk menafsirkan data yang sebelumnya dianalisis berdasarkan teori-teori dan penelitian yang dilakukan.

b. Deskripsi analitik, interpretasi bertujuan untuk mengembangkan kategori-kategori serta

hubungan-hubungan yang muncul dari data yang dihasilkan dalam penelitian. c. Teori substantif, teori yang digunakan dalam interpretasi ditampilkan dalam analisis kemudian dibahasakan ke dalam bahasa menurut disiplin ilmu masing-masing.

Perangkat Lunak Pengolah Angka (Spreadsheet)

Sekarang ini, terdapat banyak aplikasi pengolah angka, di antaranya Microsoft Excel: KSpread, Libre Office, dan Google Sheets. Sebelum munculnya komputer, terdapat spreadsheet yang merupakan buku besar dengan banyak lembar kertas yang ditulis secara manual dengan pena

1. Sejarah spreadsheet

Aplikasi spreadsheet pertama kali adalah VisiCalc yang dibuat pada tahun 1979 oleh Bob

Frankston dan Dan Bricklin. Namun, VisiCalc sangat terbatas, yaitu hanya memiliki 25- baris dan 63 kolom saja. Setelah itu, pada tahun 1983, diperkenalkan spreadsheet Lotus 1 3 yang sangat populer dibanding spreadsheet sebelumnya. Lotus 1 2 3 memiliki 8.192 bar dan 256 kolom. Pada tahun 1987, dibuat Excel 2.0 yang memiliki 16.384 baris dan 256 kolom Seiring berkembangnya teknologi, Microsoft Excel dikembangkan dengan jumlah baris da kolom yang bertambah. Microsoft Excel memiliki jumlah baris 1.048.576 dan 16.384 kolom Saat ini, versi terbaru dari Microsoft Excel adalah Microsoft Office Excel 2021.

2. Fungsi spreadsheet

a. Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisis, dan meringkas data.

b. Melakukan perhitungan aritmetika, logika, dan statistika.

c. Membuat catatan keuangan dan menyusun laporan keuangan.

d. Membuat berbagai macam grafik dan diagram.

 

Rangkuman 

Mengenal Data

1.        Data berasal dari kata dalam bahasa Latin datum yang artinya adalah fakta, keterangan yang benar dan nyata yang dapat dikumpulkan dan dapat dijadikan dasar kajian

2.        Dalam bidang Informatika, data disimpan dalam bentuk yang dapat diproses oleh komputer, seperti representasi digital dari teks, angka, gambar, garis, suara (audio) atau video.

3.        Data dapat direkam atau di-input, disimpan, dan ditampilkan.

 

Contoh

-   Kamera untuk memotret

-   Kamera CCTV

-   Smartwatch

 

4. Data juga dapat disimpan dengan menggunakan perangkat lunak, misalnya data pada lembar kerja, atau data diketikkan menjadi isi sebuah file.

5. Data yang disimpan dapat ditampilkan dalam sajian (visualisasi) tertentu, misalnya data berupa tabel angka dapat disajikan dalam bentuk graik. Hasil sajian akan mempermudah untuk melakukan analisis dan interpretasi sehingga menjadi informasi yang berguna.

6.Satuan ukuran data diukur dalam satuan byte (B), KB, MB, GB, TB, PB 1 kilobyte (KB) = 1,024 bytes

·          1 megabyte (MB) = 1,048,576 bytes

·          1 gigabyte (GB) = 1,073,741,824 bytes

·          1 terabyte (TB) = 1,099,511,627,776 bytes

·          1 petabyte (PB) = 1,125,899,906,842,624 bytes

 

 

7. Analisis data adalah proses pengumpulan dan pengorganisasian data untuk menarik kesimpulan yang berguna dari data tersebut.

8.  Tujuan utama dari analisis data ialah untuk menginterpretasi, yaitu menemukan makna dalam data sehingga pengetahuan yang diperoleh dapat digunakan untuk mengambil keputusan yang tepat.rang menggunakan data untuk menyoroti atau mengusulkan hubungan sebab-akibat dan memprediksi hasil.

9.   Interpretasi adalah memberikan kesan, pendapat, atau pandangan terhadap sesuatu.

10. Proses interpretasi data dilakukan dengan menganalisis, mempelajari hubungan antardata berdasarkan sudut pandang tertentu, dan menyimpulkan hubungan yang dipelajari.

11. Menganalisis dan menginterpretasi data diperlukan untuk menyimpulkan atau mengambil keputusan

 12. Salah satu aplikasi lembar kerja untuk mengolah data adalah Microsoft Excel

 


KERJAKAN SOAL DI BAWAH INI : 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan komentar dengan tujuan membangun